• August 8, 2022

Facebook, instagram dan whatsapp DOWN, ini penjelasannya!

Facebook, instagram dan whatsapp DOWN
Instagram

Pada Senin malam (10 April 2021), Facebook, Instagram, dan Whatsapp dikabarkan mogok dan tidak dapat diakses.

Masalah ini mulai muncul sekitar pukul 22.30 WIB. Pengguna ketiga media sosial milik Mark Zuckerberg tidak memiliki akses ke versi web dan aplikasi seluler.

Sementara koneksi internet untuk mengakses aktivitas lain seperti menonton Youtube atau Googling terbilang lancar, hal ini tidak berfungsi untuk Facebook, Instagram, dan WhatsApp.

Banyak orang mengeluh tentang hal itu dan berbicara tentang apa yang sebenarnya terjadi.

Setelah ditelusuri, ternyata hal ini tidak hanya terjadi di Indonesia. Di sisi lain, hampir semua pengguna di dunia mengalami hal yang sama. Bahkan Whatsapp menjadi trending topic di Twitter.

Menurut akun pengelola WhatsApp, mereka mengakui masalah yang dihadapi pengguna aplikasi perpesanan terpopuler di dunia itu.

Mereka juga meminta pengguna untuk bersabar saat menunggu tim mereka, yang bekerja untuk menstandardisasi akses ke aplikasi perpesanan lagi.
arrow_forward_ios baca selengkapnya
Didukung oleh GliaStudio

“Kami tahu bahwa beberapa orang mengalami masalah saat menggunakan Whatsapp saat ini. Kami bekerja keras untuk mengembalikan semuanya menjadi normal dan akan mengirimkan pembaruan ke sini sesegera mungkin. Terima kasih atas kesabaran Anda!” tulis akun resmi WhatsApp di Twitter. .

Akun pengelola Instagram menyampaikan pesan yang sama melalui Twitter. Dengan menandai #instagramdown, pengelola menjelaskan bahwa mereka saat ini mengalami masalah kecil dan sedang berupaya memperbaikinya.

“Instagram dan teman-teman sedang mengalami sedikit kesulitan saat ini dan Anda mungkin mengalami masalah dalam menggunakannya. Harap bersabar, kami sedang mengerjakannya! #instagramdown,” tulis akun resmi Instagram Comms.

Beberapa berspekulasi bahwa Facebook dan teman-temannya jatuh karena beberapa alasan. Salah satunya adalah kesalahan konfigurasi DNS atau masalah server.

Meski Facebook dan kawan-kawan kini sudah bisa diakses kembali, publik masih menuntut klarifikasi atas apa yang terjadi.

WhatsApp down dari Senin (10 April 2021) malam hingga pagi ini. Pada Senin malam (10 April 2021), netizen di seluruh dunia mengeluh di Twitter bahwa mereka tidak dapat menggunakan WhatsApp, Facebook, dan Instagram.

Sementara itu, Facebook melalui akun Twitter resminya meminta maaf kepada seluruh pengguna atas apa yang terjadi pada layanan tersebut.

 

Penjelasan Instagram down

Facebook juga me-retweet tweet dari Facebook CTO Mike Schroepfer, mengatakan Facebook sedang mencoba untuk memperbaiki masalah secepat mungkin.

Di Twitter di Indonesia dan di seluruh dunia, WhatsApp, Instagram shutdowns dan bug mendominasi daftar topik yang paling banyak dibicarakan.

Trio Facebook, Instagram, dan WhatsApp memang dilaporkan banyak pengguna pada Senin malam karena tidak dapat diakses, menurut Downdetector, situs web yang memantau situs web atau layanan aplikasi bermasalah di seluruh dunia.

Hingga Pesan terus mencoba membuka aplikasi Facebook dan Android di desktop tetapi tidak berhasil. Hal yang sama terjadi saat membuka Instagram dan WhatsApp.

Saat mengakses ketiga layanan tersebut dari Bogor, Jawa Barat, terbaca pernyataan “server not found” dari browser.
arrow_forward_ios baca selengkapnya

Pada saat yang sama, saat membuka aplikasi Instagram, pesan “Tidak dapat menyegarkan umpan” muncul dan layar terus berputar, menunjukkan bahwa sedang memuat. Aplikasi WhatsApp selalu gagal mengirim pesan.

Kepala Instagram Adam Mosseri mengatakan perusahaan telah menambahkan dua fitur baru untuk meningkatkan pengalaman pengguna, salah satunya adalah “Rage Shake.”

“Rage Shake” ini akan memungkinkan pengguna untuk melaporkan masalah lebih cepat.

Jika aplikasi tidak berfungsi seperti yang diharapkan, goyangkan ponsel saat aplikasi terbuka, dan layar akan muncul menanyakan “Ada apa?”.

Seperti dilansir laman The Verge pada Kamis (18 November 2021), ini adalah kesempatan Anda untuk melaporkan masalah.

Menurut Mosseri, fitur ini akan memberikan umpan balik Instagram untuk membantunya memprioritaskan perbaikan bug.

“Anda dapat menjelaskan dengan tepat apa yang terjadi, bagaimana hal itu terjadi, dan semua emosi dan perasaan yang Anda alami, dan kami akan meminta orang untuk menyelidikinya,” katanya.

Fitur baru lainnya adalah apa yang disebut Mosseri sebagai fitur “korsel”.

Fitur ini mampu menghapus satu gambar dari carousel foto. Itu adalah sesuatu yang diminta pengguna, dan perusahaan akhirnya berhasil mengirimkannya.

“Sekarang Anda dapat memilih yang tidak Anda sukai – mungkin Anda tidak menyukainya lagi,” jelasnya dalam video yang diposting ke Twitter.

Saat carousel foto terbuka di aplikasi, buka menu tiga titik di sudut kanan atas, ketuk Edit, gulir ke foto yang ingin Anda hapus, dan Anda akan melihat ikon hapus di sudut kiri atas yang memungkinkan Anda menghapusnya dari korsel.

Fitur baru saat ini tersedia di iOS dan Android, sementara di A.S.

 

penulis berharap artikel ini mempunyai banyak manfaat untuk diri sendiri dan semua orang. jangan lupa untuk selalu mendukung situs ini, agar kami dapat meng-update segala informasi seputar